Senin, 18 Juli 2011

Acara Pembukaan MTQ Internasional Ditutup Qari Kehormatan Indonesia

Menurut Kantor Berita ABNA, Acara pembukaan MTQ Internasional ke XXVIII yang diselenggarakan di Teheran, Republik Islam Iran dimulai dengan pembacaan Al Quran yang dibawakan oleh Ust. Rahim Khaki, seorang qari' tingkat internasional dan merupakan qari kehormatan di MTQ tahun ini. Setelah pembukaan tampil seorang peserta dari Gurjistan bernama Qanbab Alif, kemudian dilanjutkan Mahir Mudzaffar, peserta dari Bosnia Herzegovina semua menampilkan kebolehannya dalam seni qiraah. Baca selengkapnya....Adapun di kelompok menghafal seluruh al Quran tampil Mohammad Farzan, dari Srilanka, dilanjutkan dengan pembacaan Sami Ath Thusi dari Tunisia. Selanjutnya Mohammad Batiy dari Uganda, Abdurrahman Awadh dari Lebanon, Habib Abdul Muthalib dari Austria dan diakhiri dengan persembahan nasyid Thaha Group. Pada sesi kedua tampil Usamah Al Husain dari Saudi Arabia, Ibrahim Al Hasyimi dari Belgia, Ahmad sulaiman dari Afrika Selatan, Bann Musthafa dari Thailand semua di bidang menghafal seluruh Al quran .

Dalam acara penutupan tampil Sayid Karim Musavi membawakan sejumlah doa dan munajat serta karim Mansuriy, qari' internasional membacakan beberapa ayat Al Quran dan diakhiri oleh Hasan Ridhaiyan yang juga qari' internasional dari Iran membawakan adzan maghrib.

Setelah pelaksanaan shalat Isya yang diikuti oleh seluruh peserta, juri, pers dan para pejabat negara yang hadir, pelaksanaan lomba dilanjutkan dengan Khalid Aunillah dari Al Jazair yang menampilkan kemampuan hafalannya, kemudian dilanjutkan oleh Kujer Umar Ali dari irak, Gubiyal Muntashir dari Filipina, Abdul Mun'im Ahmad Muhammad Umar dari Sudan dan Muslim Qahriman Uf dari Azerbeyjan. Selanjutnya tampil Murtadha Mohammad Nejad dari Iran, Musthafa Uzjan dari Jerman.

Pada penutupan acara Menteri Kebudayaan dan Penerangan Islami Sayid Mohammad Husainiy menyampaikan sambutannya dan mengucapkan selamat kepada seluruh peserta. sebagaimana juga menyampaikan ucapan selamat memperingati hari BI'TSAH (pengangkatan Nabi) seraya menyebutkan, bahwa Allah SWT telah memberikan tugas berat risalah kepada Nabi Muhammad saw yang memiliki keutamaan dan kepribadian yang sangat tinggi.

Nabi pun telah menjalankan tugasnya dengan baik, memperkenalkan tauhid dan keadilan kepada seluruh dunia demi kehidupan manusia yang penuh dengan kebahagian di dunia dan akhirat, tegasnya.

Acara ditutup dengan pembacaan Fakhruddin Sarungpait, Qari' kehormatan dari Indonesia. pada MTQ kali ini juga dilaksanakan pameran dengan beberapa stand diantaranya IQNA, Hijab, hasil karya Qurani, kesenian kaligrafi Al Quran, lukisan ayat Al Quran serta buku dan penerbitan Al Quran.

0 komentar:

Poskan Komentar

Stat & Directory